Kabar gembira bagi penderita diabetes, terapi sedot lintah banyak manfaatnya.

Tahukah anda bahwa terapi lintah mempunyai banyak manfaat, dan salah satunya dapat menolong seseorang yang akan diamputasi salah satu anggota tubuhnya karena penyakit diabetes yang dialami.

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang banyak diderita oleh seseorang didunia ini, negara Indonesia menduduki peringkat ke 10 terbanyak penderita diabetes. Diabetes dapat dikatakan sebagai penyakit mematikan, penyakit ini bisa menyerang siapa saja jika dalam tubuhnya tidak mampu menghasilkan hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah/insulin dalam tubuh, sehingga berakibat kadar gulanya meningkat/diatas normal.

Perlunya kesadaran untuk selalu melakukan cek kadar gula darah sangat diperlukan, hal tersebut bukan karena tanpa alasan. Pasalnya hampir 50% masyakarat di Indonesia ini tidak menyadari jika menderita diabetes, sehingga banyak dari mereka yang tidak tertolong karena ketidak tahuan atau terlambat menyadarinya. Adapun yang menyadarinya namun sudah terlambat, sehingga bayak juga yang salah satu anggota tubuhnya dipotong akibat menderita penyakit ini.

Benarkah terapi lintah dapat menolong seseorang yang menderita diabetes?

terapi lintah

Mungkin banyak yang belum mengetahui atau masih bingung ketika mendengar bahwa terapi lintah dapat menolong penderita diabetes. Apa kaitannya antara terapi lintah dengan penyakit diabetes?

Perlu anda ketahui bahwa penyakit diabetes dapat mematikan sistem saraf pada salah satu anggota tubuh seperti tangan ataupun kaki, dan jika aliran darah yang terjadi pada pembuluh darah diarea tersebut mengalami keterbatasan maka jaringan saraf yang ada pada anggota tubuh tersebut akan kehilangan fungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu mau tidak mau harus dilakukan tindakan amputasi guna mencegah supaya tidak menyebar ke anggota tubuh yang lain.

Untuk itulah perlunya melakukan sebuah tindakan yang dapat meningkatkan sirkulasi jaringan pada pembuluh darah sangat disarankan agar jaringan pada sistem saraf tersebut bisa bekerja sebagaimana mestinya. Perlu anda ketahui bahwa terapi lintah yang memanfaatkan jenis lintah hirudo medicinalis dapat mengatasinya.

Ketika proses terapi dilakukan, lintah hirudo medicinalis akan ditempelkan tepat pada bagian kaki atau bagian tangan yang jaringan sarafnya tidak berfungsi. Pada saat itu lintah hirudo medicinalis tersebut akan menggigit dan mengeluarkan protein serta zat hirudin yang mempunyai fungsi untuk melancarkan sistem peredaran darah pada pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah kematian pada jaringan saraf.

Tahukah anda bahwa lintah hirudo medicinalis menghasilkan zat Hirudin, zat hirudin itulah yang sudah menjadi perhatian oleh para peneliti dunia karena mempunyai kemampuan dalam melancarkan serta mencegah pembekuan darah, sehingga peredaran darah pada pembuluh darah menjadi lebih lancar. Itulah kenapa terapi lintah sangat membantu bagi seseorang yang menderita diabetes, karena dengan terapi lintah seseorang penderita diabetes yang sistem saraf pada anggota tubuhnya tidak berfungsi akan dapat berfungsi kembali dikarenakan kandungan minyak lintah yang ada pada air liurnya yaitu zat hirudin yang dihasilkan pada lintah hirudo medicinalis.

Selain itu zat hirudin juga sering digunakan dalam operasi saraf pada telapak tangan atau anggota tubuh yang lain, karena zat ini dapat berfungsi untuk memicu darah mengalir pada pembuluh kapiler setelah dilakukan penyambungan tindakan operasi.

Itulah sedikit penjelasan kenapa terapi lintah dengan memanfaatkan lintah jenis hirudo medicinalis dapat membantu bagi penderita diabetes. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan pengetahuan yang bermanfaat.

Baca juga:

minyak lintah asli papua mempunyai banyak manfaat

jual minyak lintah papua

kegunaan minyak intah untuk pria dan wanita