Kegunaan zat hirudin pada lintah | Tahukah anda bahwa lintah yang sering kali dianggap orang orang sebagai hewan parasit ini mempunyai kegunaan dibidang medis. Terapi lintah sudah dilakukan pada zaman dulu sebelum masa kedokteran modern, terapi yang mengandalkan lintah ini dapat membantu mengatasi masalah pada gusi, kulit, infeksi, serta kelainan saraf.

kegunaan zat hirudin

Namun karena masalah beberapa faktor terapi lintah saat itu dilupakan, dan pada akhirnya terapi ini dikenal lagi pada tahun 1970 untuk mengatasi masalah kesehatan seperti yang telah ditulis diatas. Semua itu dikarenakan kegunaan zat hirudin yang dimilikinya.

Zat hirudin adalah zat yang berfungsi untuk melancarkan sistem peredaran darah pada seseorang, zat yang dimiliki lintah ini berperan dalam melancarkan aliran darah sehingga lintah dapat dengan mudah menghisap darah mangsanya. Karena kegunaan zat hirudin itulah akhirnya lintah sering dimanfaatkan untuk terapi pengobatan.

Kagunaan zat hirudin pada lintah spesies hirudo

Ada 4 jenis lintah yang sering digunakan untuk terapi medis, yaitu dari spesies hirudo, hirudo medicinalis, hirudo verbana, hirudo orientalis, dan hirudo troctina. Keempat lintah tersebut mempunyai zat hirudin dan beberapa kandungan lain yang berguna dibidang terapi lintah. Dari beberapa kandungan yang dimilikinya, satu diantaranya sangat berperan, yaitu zat hirudin. Dan berikut kegunaan zat hirudin pada lintah sepesies hirudo.

1. Melancarkan peredaran darah

Kegunaan zat hirudin pada lintah yang pertama dan yang paling utama adalah melancarkan peredaran darah. Inilah yang sering dimanfaatkan saat operasi saraf kecil seperti pada kukit tangan atau bagian kulit ditubuh lain. Karena kegunaan zat hirudin dapat memicu darah mengalir pada pembuluh kapiler yang baru disambung.

2. Membantu penderita diabetes

Kegunaan zat hirudin yang dihasilkan lintah yang kedua adalah untuk menekan resiko amputasi pada penderita diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa mematikan saraf pada beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki. Dan jika peredaran darah pada bagian tersebut terjadi keterbatasan maka jaringan sarafnya akan kehilangan fungsi sehingga perlu tindakan amputasi agar tidak menyebar ke anggota tubuh lain.

Inilah salah satu kelebihan dari kegunaan zat hirudin, yaitu dapat melancarkan sirkulasi darah pada jaringan pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat kembali lancar sabagimana mestinya dan tindakan amputasi tidak jadi dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan terapi sedot lintah yang memanfaatkan lintah dari spesies hirudo.

3. Mencegah penyumbatan darah

Kegunaan zat hirudin yang dikeluarkan lintah dapat membantu mencegah penyumbatan darah, karena disaat lintah menggigit dia akan mengeluarkan air liur yang mengandung hirudin serta 60 lebih jenis protein. Hal inilah yang berguna untuk mencegah penyumbatan jaringan, melancarkan peredaran darah, dan menghindari kematian jaringan pada pembuluh darah.

Itulah beberapa kegunaan zat hirudin pada lintah yang jarang orang mengetahuinya, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan pengetahuai ilmu yang berguna serta bermanfaat.

Incoming search terms:

  • fungsi zat hirudin