Cara beternak lintah merupakan suatu usaha yang dilakukan seorang peternak dengan membudidayakan lintah dan mempunyai maksut untuk mencari keuntungan dari usaha ternak lintah yang dilakukan. Sebagian besar orang beranggapan bahwa hewan yang satu ini bukanlah hewan yang dapat dibudidayakan, karena rata rata masyarakat menganggap bahwa lintah adalah hewan yang hidupnya sebagai parasit saja. Namun perlu anda ketahui bahwa beternak lintah merupakan salah satu usaha yang patut diperhitungkan, karena dapat menghasilkan keuntungan yang begitu besar apabila kita berhasil membudidayakanya.

Sebelum beternak lintah ada beberapa hal yang seharusnya diketahui bagi seseorang yang ingin menjalankan usaha tersebut, karena hal hal ini adalah penentu keberhasilan dari beternak hewan yang satu ini. Pertama jika anda berniat ingin beternak lintah maka anda harus mempunyai tempat atau makelar terlebih dulu yang mau membeli lintah hasil budidaya yang anda lakukan.

Dan yang kedua pastikan memilih jenis lintah yang tepat untuk dibudidayakan, karena banyak sekali jenis lintah yang hidup didunia ini dan hanya beberapa saja yang berguna untuk kehidupan manusia, maka dari itu anda harus memilih jenis lintah yang tepat untuk dibudidayakan. Salah satu jenis lintah yang sering digunakan untuk terapi pengobatan ataupun untuk keperluan lainnya adalah lintah hirudo medicinalis atau lintah hitam, karena lintah jenis ini memiliki kandungan yang bermanfaat bagi manusia.

beternak lintah

Persiapan sebelum beternak lintah

Beternak lintah akan menjadi mudah jika kedua hal diatas sudah anda penuhi, karena lintah termasuk hewan yang mudah dibudidayakan serta mampu bertahan hidup dan mudah beradaptasi.

Disini kita akan mengambil contoh budidaya lintah pembesaran, karena ada dua pilihan ketika anda membudidayakannya, yaitu pembesaran dan perindukkan. Namun diartikel ini kita akan membahasa mengenai cara beternak lintah pembesaran. Setelah anda memutuskan untuk beternak lintah dan sudah mempunyai tempat untuk menjual nantinya maka langkah selanjutnya adalah persiapan.

Persiapan yang pertama adalah pembuatan kolam untuk beternak lintah. Kolam dapat dibuat dari tembok yang disemen, karena kolam tembok lebih baik jika dibanding kolam terpal, pasalnya kolam tembok dapat menstabilkan suhu air pada kolam tersebut. Untuk ketinggian air kolam dalam beternak lintah adalah 30 cm, dan untuk suhu air kolam yang baik sesuai habitatnya yaitu sekitar 20°C sampai dengan 28° C.

Jangan lupa juga meletakkan genteng atau benda benda lainnya pada kolam beternak lintah, hal ini bertujuan supaya dapat digunakan lintah untuk menempel. Selain itu jangan lupa juga untuk menaruh tanaman air seperti enceng gondok atau tanaman air lainnya agar suhu air pada kolam budidaya lintah bisa stabil.

Langkah langkah budidaya beternak lintah

Apabila segala proses persiapan sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah membudidayakannya. Pertama tama anda harus membeli bibit lintah, bibit lintah yang biasanya akan dibudidayakan untuk pembesaran adalah berumur sekitar 1-2 bulan dan berukuran sebesar batang korek api. Harga lintah sebesar ini biasanya dijual dengan harga 2000 rupiah sampai dengan 3000 rupiah, anda dapat membelinya pada peternak besar yang sudah lama membudidayakanya.

Belilah bibit lintah sesuai anggaran serta ukuran kolam lintah yang sudah anda siapkan sebelumnya, kolam untuk beternak lintah yang ideal adalah 1m² bisa diisi dengan 800 ekor lintah, jadi sesuaikan dengan anggaran beserta ukuran kolam yang anda miliki.

Langkah selanjutnya dalam beternak lintah adalah pemberian pakan. Pemberian pakan dapat kita lakukan setiap 2 Minggu sekali, dan pakan yang diberikan adalah belut atau lele segar yang dipotong potong. Setelah pakan segar dipotong potong kemudian taruh pada wajah dan masukkan pada kolam, tunggu hingga pakan tersebut diamkan oleh lintah dan baru bisa diambil wadahnya.

Setelah 5 – 6 bulan proses beternak lintah berjalan maka dapat kita panen, biasanya setelah 5 – 6 bulan berselang ukuran lintah akan sebesar ukuran rokok mild. Kita dapat menjualnya pada tempat tempat yang membuka terapi lintah, bisa juga lewat pengepul, atau bisa juga mengolahnya menjadi minyak lintah kemudian menjualnya.

Demikian artikel singkat tentang cara beternak lintah yang singkat, ketika anda sudah mulai beternak tentu harus dijalankan secara serius serta konsisten agar anda bisa mendapatkan keuntungan dari tenak tersebut. Cukup sekian semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Incoming search terms:

  • kolam lintah